ShoutMix chat widget

Pengunjung Blog
Komentar terakhir
  • ians: wah kebetulan paling suka buah apel,jadi g cuma enak tapi manfaatnya banyak…..!
  • Suhandi: Biasanya promosi suplement selslu diiringi dengan kata-kata “Giat...
  • rivadin: Saya punya keluhan sakit pinggang sudah beberapa tahun apakah daun sirzak bisa...
  • akbar: KLO ANGGUR YG WARNANYA UNGU KHASIATNYA APA?
  • armouris: lagi info tentang gigi kuning di SIHAT SELALU – Gigi Kuning


 Powered by Max Banner Ads 

 Powered by Max Banner Ads 

Ogah Terkena Kanker Usus? Makan Apel Saja Tiap Hari

apelKanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang mengancam nyawa. Salah satunya, kanker yang menyerang organ pencernaan termasuk kanker usus. Kini para peneliti mengungkap, konsumsi apel setiap hari diyakini mampu mengurangi resiko kanker usus. Demikian laporan singkat yang dipublikasikan European Journal of Cancer Prevention, seperti dilansir dailymail.co.uk, baru-baru ini.

Sebelumnya, peneliti di Polandia membandingkan antara 592 pasien dengan penyakit kanker usus dengan 765 pasien tanpa kanker usus dari rumah sakit yang sama. Hasilnya, peneliti menemukan pasien dengan kanker usus hanya mengkonsumsi apple 9.5 perminggu sedangkan pasien yang tidak mengidap kanker usus mengkonsumsi apel dengan jumlah lebih banyak yakni 11 buah perminggu.

Dari analisa peneliti diketahui, mengkonsumsi apel sehari satu, atau mengkonsumsi setengah buah setiap harinya juga mengurangi resiko terkena kanker usus. Analisa peneliti juga menyebutkan ketimbang mengkonsumsi buah atau sayuran, apel jauh lebih direkomendasikan untuk mengurangi resiko kanker.

Rekomendasi itu didasarkan atas tingginya kandungan flavonoids dari Apel. Flavanoid merupakan antioksidan yang ditemukan dalam kulit apel. Seperti diketahui, anti oksidan merupakan zat yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang berpotensi memicu pertumbuhan sel kanker.

Oleh karenanya, peneliti menyarankan agar tidak membuang kulit apel ketika dikonsumsi. Untuk menghindari segala kuman atau kotoran pada kulit apel, sebelum dikonsumsi sebaiknya dibersihkan dan dibilas dengan air.

Sekalipun apel mampu mengurangi resiko terkena kanker usus, World Cancer Research Fund menyatakan semua resiko kanker dapat dihindari sekitar 30-40% dengan cara menjalankan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, rajin berolah raga dan memperhatikan berat tubuh.

republika.co.id

Related posts:

  1. Kalau Bosan Makan Sayuran, Kenapa Tidak Diminum Saja ?
  2. Minyak Zaitun Cegah Gangguan Usus
  3. Hindari Resiko Kanker anda

One Response to “Ogah Terkena Kanker Usus? Makan Apel Saja Tiap Hari”

Leave a Reply